Babinsa Koramil 04/Rupat Intensifkan Patroli Karhutla di wilayah binaan

AKTUAL 24JAM..COM- Babinsa Koramil 04/Rupat, Kodim 0303/Bengkalis, Kopda Budi Irawan kembali melakukan patroli di wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Darul aman , Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Sabtu (5/10/2024)

Patroli ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilakukan oleh Babinsa untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Koramil 04/Rupat.

Read More

Kopda Budi irawan menjelaskan, dalam setiap patroli, Babinsa selalu melibatkan masyarakat setempat dan memberikan sosialisasi serta himbauan untuk menjaga lingkungan.

“Kami selalu memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena hal itu sangat berbahaya dan melanggar hukum,” ujar Kopda Budi Irawan saat ditemui usai patroli.

Patroli Karhutla dilakukan di titik-titik tertentu yang dianggap rawan kebakaran. kopda Budi irawan menambahkan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara intensif, terutama pada musim kemarau.

Baca Juga  Komsos Dengan Warga Binaan Babinsa Bahas Keamanan dan Kebersihan Lingkungan

“Patroli ini kami lakukan secara rutin bersama warga agar bisa langsung memantau kondisi lapangan dan mencegah potensi kebakaran sejak dini,” ungkapnya.

Dalam setiap kegiatan, Babinsa juga mengingatkan bahwa membakar hutan atau lahan tidak hanya merugikan secara ekonomi, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

“Kami selalu mengingatkan masyarakat bahwa tindakan membuka lahan dengan cara membakar sangat tidak dianjurkan dan dapat menyebabkan bencana besar bagi kita semua,” jelas Kopda Budi Irawan

Selain itu, sosialisasi yang dilakukan juga bertujuan agar masyarakat semakin paham tentang dampak hukum dari tindakan pembakaran hutan.

“Melakukan pembakaran lahan jelas merupakan pelanggaran hukum dan bisa dikenakan sanksi pidana. Kami berharap masyarakat semakin sadar akan hal ini,” tegas

Dengan adanya patroli rutin dan kerja sama yang erat antara TNI dan masyarakat, diharapkan potensi kebakaran hutan dan lahan di Di Desa darul alam dapat diminimalisir, sehingga lingkungan tetap terjaga dan aman dari bencana Karhutla.**(Budi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *